Hal Yang Harus Kamu Ketahui Jika Ingin Magang Di Startup


Jika kamu merupakan mahasiwa tingkat akhir, maka sebentar lagi merupakan saatmu untuk magang di suatu perusahaan. Apakah kamu sudah memiliki perusahaan idaman? Atau baru ingin mencari-cari? Jika kamu ingin magang di perusahaan korporat tentu itu sangat baik, namun jika kamu ingin magang di startup juga tidak ada salahnya.

kerja magang di start up enak


Dengan maraknya startup di Indonesia, maka semakin besarnya kesempatan kamu untuk magang di startup. Berikut adalah hal yang harus kamu ketahui jika ingin magang di startup:

1. Cari startup yang relevan. 

Startup di Indonesia berasal dari bidang yang berbeda-beda. Ada yang bidang nya developer aplikasi, e-commerce, jasa, keuangan hingga media seperti Tech In Asia. Hal pertama yang harus kamu cari tahu adalah apakah startup incaran kamu sedang membuka posisi untuk magang.

Biasanya startup akan memasang info lowongan magang di website mereka. Namun jika mereka tidak memasang info apa-apa, kamu bisa menghubungi mereka melalui e-mail atau sosial media yang tersedia. Ada baiknya kamu tidak hanya berpaku pada 1 startup saja, tapi coba apply juga ke startup yang lain.

2. Tentukan posisi yang kamu mau.  

Setelah mengetahui startup mana yang ingin kamu kirimkan CV, saat nya menentukan posisi yang kamu mau. Setelah itu jangan ragu untuk mengirimkan lamaran. Satu hal penting yang wajjib kamu ingat adalah menyebutkan posisi magang yang kamu inginkan. Mengapa hal ini penting? Karena tidak hanya kamu saja yang sedang melamar ke startup tersebut.

Penyebutan posisi akan memudahkan pihak startup dalam penyortiran. Ken Ratri Iswari, selaku CEO GeekHunter, startup yang bergerak di bidang konsultan rekrutmen tenaga IT juga mengungkapkan bahwa dengan tidak menyebutkan posisi yang diinginkan akan menjadi kendala karena pihak startup tidak mengetahui apa keahlian dari si pelamar.

3. Siapkan diri kamu untuk komitmen. 

Komitmen adalah hal yang sangat penting jika ingin bekerja di startup karena pada hari pertama kamu bekerja, kamu akan langsung diperlakukan sebagaimana layaknya tim inti mereka.

Otomatis kamu akan dituntut berkomitmen baik dari sisi waktu maupun sumbangsih kamu. Jangan mengharapkan pekerjaan yang santai sehingga kamu memiliki waktu luang untuk mengakses sosial media mu.

Meskipun terdengar berat, ternyata ada banyak manfaat loh yang bisa kamu ambil dengan magang di startup, mulai dari networking, kesempatan langsung bertemu dan mencuri ilmu dari founder hingga kemampuan softskill dan hardskill yang mungkin tak sebanyak yang kamu dapatkan jika bekerja di korporat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Cara Memutihkan Kulit Yang Kusam Secara Alami

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan